Canvassing adalah aktivitas penjualan secara langsung sehingga dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk melakukan pembelian. Aktivitas terencana dari canvassing dilakukan oleh seseorang untuk mencari, menawarkan, hingga mendistribusikan penjualan produk / jasa. Langkah awal bisa dimulai dari mengumpulkan informasi dan kontak melalui nomor telepon, e-mail, atau bahkan melakukan kunjungan ke tempat pelanggan. Sebutan orang yang melakukan kegiatan ini juga bisa disebut sebagai canvasser. Canvassing menjadi sangat penting di dalam langkah proses sales karena memberikan banyak manfaat, simak penjelasannya diantaranya adalah :
Salah satu keuntungan melakukan canvassing adalah ada banyak calon pelanggan yang dapat dihubungi tentang produk Anda. Perwakilan penjualan dapat menghubungi setiap orang yang cocok dengan profil audiens target. Profil audiens target adalah serangkaian karakteristik yang menggambarkan demografi kepada siapa perusahaan mencoba menjual produk atau layanannya.
Dengan menghubungi banyak calon konsumen, suatu perusahaan dapat menciptakan prospek, melakukan penjualan, dan membuat lebih banyak orang sadar akan merek tersebut. Ini semua membantu membangun basis pelanggan yang menghasilkan pendapatan lebih tinggi dan berpotensi memperluas bisnis.
Saat melakukan kunjungan dari pintu ke pintu, perwakilan penjualan melakukan percakapan dengan konsumen dan dapat mempelajari lebih lanjut tentang audiens target mereka. Misalnya,calon pelanggan mungkin berbicara tentang kekhawatiran atau minat umum yang dapat membantu menciptakan iklan produk yang menargetkan pelanggan dengan lebih baik.
Ketika konsumen menolak melakukan pembelian, hal ini juga dapat mengajarkan tim pemasaran dan penjualan lebih banyak tentang target audiens mereka. Misalnya, masalah yang dipecahkan oleh produk perusahaan mungkin tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang menjadi basis konsumen potensial mereka. Ini bisa berarti tim pemasaran dan penjualan harus menilai kembali target audiens atau mereka dapat meningkatkan produk.
Canvassing juga bermanfaat bagi perusahaan karena membantu perwakilan penjualan mengembangkan dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. Memiliki keterampilan komunikasi tingkat lanjut dapat meningkatkan penjualan dan membantu membangun hubungan dengan pelanggan, yang menciptakan loyalitas merek. Perwakilan penjualan juga dapat belajar tentang strategi dan keterampilan penjualan, seperti negosiasi dan menggunakan logika, emosi, atau etika.
Menemukan seseorang yang dirasa tepat untuk menjadi konsumen produk Anda, metode yang paling tepat untuk digunakan adalah canvassing. Pasalnya, kamu dapat berkomunikasi langsung dengan calon konsumen potensial tersebut. Lebih mudahnya mengarahkan lebih jauh agar calon konsumen membeli produk Anda.
Canvassing juga bermanfaat bagi perusahaan karena membantu melakukan penjualan kepada pelanggan baru. Mendekati konsumen dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian akan membantu dan mungkin lebih hemat biaya daripada menarik konsumen secara acak. Menghubungi pelanggan secara langsung juga berguna saat membangun hubungan yang dapat meningkatkan penjualan karena pelanggan merasakan loyalitas terhadap brand Anda.
Baca Juga:
-Sales Canvassing Tips Praktis Jualan Laris
-Cara Ampuh Mendatangkan Leads
-Cara Jitu Mendapatkan Leads Anti Gagal: Bagian 3