NBRS Corp
Kenali 6 Indikator untuk Melakukan Penilaian Sumber Daya Manusia yang Tepat
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
24 Maret 2023 • Dilihat 1698 kali

Kenali 6 Indikator untuk Melakukan Penilaian Sumber Daya Manusia yang Tepat

Aziz Styo Bekti

NBRS Corp - Penilaian kinerja suatu organisasi atau yang bias disebut dengan performance evaluation atau performance review merupakan bentuk penilaian yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dalam suatu organisasi. Perusahaan juga perlu memastikan bahwa para karyawan mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan kualitas kinerja mereka.

 

Untuk menentukan penilaian kinerja karyawan yang tepat Anda memerlukan serangkaian indikator yang memudahkan dalam mengukur produktivitas karyawan.

 

Indikator ini merupakan bagian dari tolak ukur, pedoman, serta instrumen untuk mengukur kinerja karyawan di suatu perusahaan.

 

Terdapat sejumlah indikator yang harus dipenuhi untuk mengukur produktivitas karyawan yang nantinya berguna dalam pengelolaan tim yang solid dan berkualitas. Beberapa indikator kinerja karyawan di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai pedoman untuk mengukur dan menilai produktivitas karyawan yang baik dalam suatu perusahaan.

 

6 Indikator untuk Mengukur dan Menilai Kinerja Karyawan

 

1. Kualitas Kerja

Kualitas kerja diukur dari persepsi karyawan terhadap pekerjaan yang dihasilkan. Indikator ini bisa juga Anda lihat dari kualitas penyelesaian pekerjaan apakah hasilnya baik atau buruk.

 

Kualitas kerja juga dapat berkaitan dengan durasi penyelesaian pekerjaan yang dibebankan ke karyawan. Artinya, Anda dapat mengukur bagaimana karyawan dapat menyelesaiakan pekerjaannya secara cepat dan tepat waktu sesuai ketentuan perusahaan.

 

Disisi lain, kualitas juga dapat dinilai berdasarkan perfomance error dan customer feedback dari karyawan tersebut.

 

2. Kuantitas Kerja

 

Kuantitas kerja merupakan penilaian yang berkaitan dengan jumlah yang mampu dihasilkan atau diselesaian karyawan tersebut.

 

Jumlah dalam kinerja dapat dinyatakan dalam beberapa istilah seperti jumlah unit atau jumlah siklus aktivitas yang dihasilkan setiap harinya.

 

3. Ketepatan Waktu

 

Yang dimaksud dengan ketepatan waktu dalam pengukuran kinerja karyawan yaitu aktivitas yang berhasil diselesaikan pada awal waktu dilihat dari sudut koordinasi dengan hasil output. Ketepatan waktu juga berkaitan dengan cara karyawan memaksimalkan waktu yang tersedia untuk aktivitas lain.

 

4. Efektivitas

 

Efektivitas berkaitan dengan tingkat penggunaan sumber daya organisasi (tenaga, uang, teknologi, bahan baku) dimaksimalkan dengan maksud menaikkan hasil dari setiap unit dalam penggunaan sumber daya.

 

5. Kemandirian

 

Kemandirian dalam penilaian ini dapat diukur dari tingkat seorang karyawan yang nantinya akan dapat menjalankan fungsi kerjanya.

 

6. Komitmen Kerja

 

Anda dapat mengukur kinerja karyawan berdasarkan komitmen kerja dengan instansi dan tanggung jawab karyawan terhadap kantor. Hal ini dapat dilihat dari kesungguhan karyawan dalam menyelesaikan tanggung jawab hariannya.

 

Simak materi menarik Meet The Guru lainnya di fitur E-Learning dan tonton Materi Aziz Styo Bekti, SHCM,. disini.

 

Penulis : Rosa Shafira Gunawan, Anisa Wakidah

 

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu