NBRS Corp
Mengubah Leads Menjadi Customer Kelas Sales Interaktif
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
25 Oktober 2022 • Dilihat 906 kali

Mengubah Leads Menjadi Customer Kelas Sales Interaktif

Diki Ismet Pondian

NBRS Corp - Apakah Anda mengalami kesulitan menemukan cara dan teknik untuk mengubah leads menjadi customer? Leads dalam dunia marketing diartikan sebagai orang yang telah terpengaruh oleh produk atau layanan yang ditawarkan.

 

Singkatnya, leads adalah orang-orang yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan. Leads inilah yang selanjutnya ‘diprospek’ agar melakukan pembelian terhadap barang/jasa yang dijual di bisnis kita.

 

9 Cara Untuk Mengubah Leads Menjadi Customer

 

1. Sampaikan Value Produk Anda

Fokuslah untuk melakukan pengenalan terhadap value yang ditawarkan kepada pelanggan Anda. Orang akan cenderung tidak menyukai pada penjual yang hanya peduli tentang penjualan mereka. Karenanya, Anda perlu fokus dalam pemenuhan kebutuhan palanggan Anda.

 

2. Identifikasi Masalah Pelanggan

Anda perlu melakukan identifikasi masalah yang dihadapi pelanggan Anda. Miliki pendekatan yang berbeda pada setiap pertanyaan yang diajukan. Hal ini merupakan cara terbaik untuk membuka percakapan dan menjawab setiap pertanyaan dan permasalahan yang dihadapi pelanggan.

 

3. Berkomunikasi dengan Baik

Dengan melakukan komunikasi dua arah, Anda dapat menggali lebih lanjut tentang kebutuhan pelanggan dengan cara yang santai. Usahakan untuk tidak memberikan kesan promosi jualan dengan menyampaikan secara monolog.

 

4. Buat Pelanggan Anda Nyaman

Meskipun pelanggan Anda telah menjadi prospek selama 10 menit, namun belum tentu mereka akan membeli produk Anda.

 

Bagaimanapun, mereka perlu menyampaikan ketertarikannya pada produk dan layanan Anda. Jadi, jangan kehilangan kesempatan dan tetap berikan kenyamanan kepada pelanggan Anda. Hal ini dapat disebut sebagai Customer Care sebelum nantinya proses penjualan dilakukan.

 

5. Tanyakan Apakah Mereka Akan Membeli

Menanyakan apakah pelanggan akan membeli bukanlah sesuatu yang baru ataupun inovatif namun ini merupakan bagian yang krusial dalam proses konversi sales.

 

6. Follow Up

Lakukan follow up kepada leads melalui email atau telepon. Hal ini bisa jadi salah satu cara yang tepat dan cepat untuk menkonversi leads menjadi pelanggan. Melalui kegiatan follow up, Anda dapat mengetahui apakah mereka telah sukses menjadi pelanggan Anda atau sekurangnya seluruh pertanyaan mereka telah terjawab.

 

7. Jangan Buat Mereka Menunggu

Prospek adalah komoditas segar dan tidak dimaksudkan untuk menunggu apalagi sampai hari berikutnya. Lakukan kontak pertama Anda sesegera mungkin, karena tingkat minat calon pelanggan akan turun drastis hanya dalam satu jam.

 

Jangan beri kesempatan kepada Leads Anda agar mereka tidak kehilangan minat atau beralih ke produk pesaing. Untuk itu, sangat penting untuk menyiapkan rutinitas internal untuk menindaklanjuti prospek.

 

8. Dapatkan Kepercayaan Mereka

Orang membeli kepercayaan dulu sebelum kemudian membeli produknya. Karena itu, selalu bersikaplah tulus dan ramah. Berbicara dengan ramah dan nyaman akan memudahkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

 

Setiap pertemuan harus menjadi percakapan, bukan promosi penjualan. Habiskan setidaknya setengah dari setiap pertemuan untuk mendengarkan pelanggan Anda.

 

9. Ingat mereka

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa prospek cenderung mudah berubah menjadi pelanggan ketika mereka tidak merasa terburu-buru. Maka, hal ini merupakan tugas Anda untuk memberikan mereka rasa nyaman dan dihormati secara individu.

 

Baca juga artikel

Mengenal Niche: Pengertian, Tips, dan Contohnya

Bisnis Baju Online dan Peluang 5 Tahun Mendatang

 

Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru  dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id

 

Penulis : Anisa Wakidah

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu