NBRS Corp
Strategi Gapai Target Audiens Sosial Media Lebih Efektif
Yuk masuk ke akun kamu untuk menonton konten ini

Masuk
18 Januari 2023 • Dilihat 1072 kali

Strategi Gapai Target Audiens Sosial Media Lebih Efektif

Hendra Nugraha

NBRS Corp - Jika Anda menjalankan bisnis dan mencoba menggapai banyak orang untuk menjadi target audince Anda, berapa banyak Anda berinvestasi di strategi sosial media marketing?

 

Sosial media tidak hanya digunakan untuk komunikasi antara pengguna saja, platform sosial media juga dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan engagement bisnis dan brand visibility hingga jangkauan yang lebih luas.

 

Situs inc.com menyebut bahwa sosial media sangat efektif menjadi bagian dari strategi bisnis karena terdapat banyak orang yang menggunakannya. Secara statistik diperkirakan terdapat 2,7 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Dan jumlah itu meningkat setiap tahun.

 

Media sosial akan terus berkembang dan menjadi sumber daya bagi brand atau merk untuk menumbuhkan audiens dan menjangkau target pasar mereka.

 

Pemasaran melalui sosial media bisa sangat berpengaruh besar bagi prospek bisnis dan pelanggan Anda. Hal ini juga dapat menjadi salah satu upaya branding untuk produk Anda. Akan tetapi, proses pemasaran melalui sosial media tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Diperlukan strategi dan perencanaan yang tepat untuk memastikan agar tujuan pemasaran produk sesuai dengan target yang akan dicapai.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemasaran Melalui Sosial Media

1. Riset Audience/Target Pasar Anda

Sebelum posting konten yang akan Anda buat, coba lakukan riset atau analisa terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Untuk membuat mudah, Anda dapat melakukan riset mulai dari siapa target pasar Anda dan akun sosial media yang mereka ikuti dan sukai.

 

Sehingga secara tidak langsung Anda dapat menentukan konten dan platform yang akan Anda gunakan untuk menarik minat calon audience Anda.

 

2. Strategi Konten

Pembuatan strategi yang terstruktur dibutuhkan agar Anda konsisten membuat konten untuk kebutuhan regular. Tentu saja, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan konten yang unik dan menarik agar layak untuk memberikan manfaat kepada audience Anda.

 

3. Analisis

 

Setelah Anda menerapkan strategi dan mengunggah konten ke social media, maka upaya selanjutnya lakukan analisis untuk mengukur serta mengevaluasi konten yang sudah di upload sebelumnya, apakah konten sudah unggul diantara para pesaing ketat brand lain atau mempertimbangkan nilai serta manfaat untuk pembeli, sudah mendapatkan engangement  

 

4. Aktifitas Harian

Atur jadwal untuk mengunggah konten ke sosial media, pastikan Anda membuat jadwal sebelum mengunggah konten ke sosial media agar tetap terkoneksi dengan trend dan followers Anda.

 

Tonton juga E-Learning seputar Sosial Media dan berbagai kelas Meet The Guru lainnya:

- Strategi Menambah Followers di Tiktok Wajib Kamu Ketahui

- Sales Forecasting Strategi Mencapai Target Omzet Penjualan

 

Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru  dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id


Penulis : Anisa WakidahRosa Shafira Gunawan

 

 

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu