NBRS Corp

Cara Merumuskan Strategi Penjualan Kelas Interaktif Eksklusif

NBRS CORP - Strategi penjualan didefinisikan sebagai rencana terstruktur untuk memposisikan dan menjual produk atau layanan Anda kepada pembeli yang memenuhi syarat dengan cara yang membedakan pelayanan Anda dari pesaing Anda.

 

Melansir dari situs Corporatevisions, strategi penjualan dimaksudkan untuk memberikan tujuan dan panduan yang jelas kepada organisasi penjualan Anda. Hal ini biasanya menyertakan informasi kunci seperti tujuan pertumbuhan, KPI, buyer persona, proses penjualan, struktur tim, analisis kompetitif, product positioning, dan metodologi penjualan tertentu.

 

Lebih dalam, tujuan dari adanya strategi penjualan adalah untuk memastikan bahwa tenaga penjualan Anda mampu mencapai target yang ditetapkan.

 

5 Langkah Membangun Strategi Penjualan

 

Strategi penjualan B2B yang efektif terdiri dari banyak elemen berbeda, meskipun semuanya berhubungan satu sama lain. Setiap bagian dari strategi saling berhubungan dan menciptakan peningkatan dan efisiensi kinerja penjualan.

 

Melansir dari situs Cognism, berikut 5 elemen yang digunakan untuk membangun strategi penjualan yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda.

 

1. Siapkan proses penjualan

 

Mempersiapkan fase awal dari strategi penjualan B2B dapat dilakukan dengan melihat kembali analitik. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk proses penjualan Anda:

 

  • Menetapkan sasaran penjualan B2B
  • Menciptakan model penjualan yang mendorong pertumbuhan
  • Mengidentifikasi pelanggan ideal Anda
  • Membangun dan memelihara sales pipeline

 

2. Menerapkan taktik penjualan

 

Taktik adalah aplikasi praktis dari strategi penjualan yang efektif. Merencanakan buyer persona berfungsi untuk membantu Anda menentukan saluran apa yang akan digunakan. Berikut poin-poin singkat tentang cara menerapkan taktik penjualan:

 

  • Kualifikasi pemimpin
  • Cold calling
  • Outbound email
  • Penjualan sosial
  • Email marketing
  • Negosiasi dan penutupan

 

3. Optimalkan kinerja penjualan

 

Fase optimasi ketika mengembangkan strategi penjualan yang dapat dimulai dengan melakukan analisis hasil dan mengembangkan strategi internal untuk meningkatkan kinerja sales. Hal-hal yang dapat diterapkan diantaranya:

 

  • Struktur tim, biasanya terdiri dari SDR (Sales Development Reps), AE (Account Execs), dan Customer Success.
  • Manajemen waktu
  • Keterampilan penjualan

 

4. Melakukan Pengukuran kinerja

 

Fase analitis dari strategi penjualan harus berbasis data. Pemimpin penjualan harus menetapkan tujuan dan KPI agar para sales dapat bekerja. Untuk hasil terbaik, tujuan individu dan tim harus dikaitkan dengan tujuan perusahaan yang lebih luas.

 

  • Metrik SDR yang meliputi produktivitas dan tingkat keberhasilan
  • Metrik BDM yang meliputi metrik individu, MRR, demo, dan saluran seperti nilai transaksi rata-rata.
  • Metrik tim, yang meliputi KPI menyeluruh tim sales. Hal ini meliputi tingkat konversi masuk dan keluar dan jumlah total pendapatan yang diperoleh.

 

5. Mengadopsi teknologi penjualan

 

Anda juga perlu memutuskan solusi teknologi penjualan yang akan Anda gunakan untuk memperkuat strategi penjualan Anda. Berikut adalah tiga jenis perangkat lunak yang Anda perlukan untuk memulai menerapkan strategi penjualan.

 

  • CRM yang berfungsi sebagai fondasi tumpukan teknologi Anda
  • Sales intelligence yang berfungsi dalam pencarian calon pelanggan B2B membantu mengidentifikasi pelanggan potensial.
  • Email tools sebagai saluran untuk menjangkau prospek Anda.

 

Baca juga artikel

Mengenal Niche: Pengertian, Tips, dan Contohnya

Bisnis Baju Online dan Peluang 5 Tahun Mendatang

 

Ikuti materi-materi berharga lainnya di Meet The Guru  dan daftarkan diri Anda melalui fitur Acara nbrscorp.co.id

Penulis : Anisa Wakidah

 

09:00 - 11:00
10 Agustus 2022
zoom
Umum
Nibras Corner
Nibras Partner
Nibras House
Distributor
Berlangganan
Tersedia 209 slot