NBRS Corp - Demografi parawisata halal adalah segmen pasar yang kian besar secara global. Menurut GMTI, kedatangan wisatawan Muslim mencapai 110 juta pada tahun 2022 dan diperkirakan akan mencapai 140 juta pada tahun ini.
Pada tahun 2028, kedatangan wisatawan Muslim diperkirakan akan mencapai 230 juta, dengan proyeksi pengeluaran sebesar USD 225 miliar.
TIdak hanya itu, saat ini pasar fashion muslim global bernilai USD 72,57 miliar pada tahun 2021 dan siap untuk tumbuh dari 76,19 miliar pada tahun 2022 menjadi USD 112,57 miliar pada tahun 2030, tumbuh dengan CAGR sebesar 5% pada periode prakiraan (2023-2030).
Dengan demografi parawisata halal yang terus berkembang dan potensi pasar fashion Muslim yang semakin besar, Indonesia memiliki peluang yang sangat menjanjikan untuk memperluas pengaruh dan mengangkat potensi fashion ke tingkat global.
Uzbekistan disisi lain, adalah negara yang terletak di Asia Tengah, memiliki keunikan wisata halal atau wisata ziarah, karena di wilayah Uzbekistan terdapat banyak makam ulama besar seperti Imam Bukhari dan Ibnu Sina.
Selain itu, lokasi strategis Uzbekistan menjadikannya pusat ideal untuk pariwisata dan bisnis. Dengan kemudahannya menjangkau negara-negara Asia Tengah lainnya seperti Rusia, China, dan Timur Tengah. Uzbekistan memiliki populasi muslim sebesar 87% dari 35,4 juta, dengan sisanya 9% Kekristenan Ortodoks Rusia dan 4% mengikuti agama lain.
Dari segi pengembangan pariwisata, Uzbekistan cukup berhasil. Hal ini dibuktikan dengan naiknya peringkat GMTI Halal Tourism. Peringkat ke-30 di tahun 2019, ke-20 di tahun 2020 dan ke-16 di tahun 2021. Upaya pemerintah meningkatkan wisata halal juga melalui bebas visa bagi wisatawan mancanegara.
Kerjasama dengan Uzbekistan di bidang pariwisata halal dan ekonomi kreatif menghadirkan peluang yang signifikan bagi Indonesia untuk memperluas kehadirannya di pasar halal global sekaligus memperkuat hubungan ekonomi dengan negara mayoritas Muslim tersebut.
Ikatan sejarah dan budaya antara Indonesia dan Uzbekistan memberikan dasar yang kuat untuk kerja sama, dan kedua negara dapat memperoleh manfaat dari berbagi pengetahuan dan keahlian di bidang ini.
Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) telah meluncurkan misi bisnis dan pariwisata ke Uzbekistan di Halal Beyond Borders untuk mengungkap potensi pariwisata dan industri kreatif di Indonesia dan Uzbekistan, ungkap Ketua IHLC Sapta Nirwandar.
Melalui inisiatif "Halal Beyond Borders" yang diluncurkan oleh Pusat Gaya Hidup Halal Indonesia dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dan pemerintah provinsi.
Kegiatan ini berlangsung di Tashkent pada 31 Mei - 7 Juni 2023 dan dihadiri oleh 50 delegasi yang terdiri dari pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Pebisnis Halal, Industri Pariwisata, Kalangan Media, Designer, Investor hingga Distributor.
Dengan bekerja sama, Indonesia dan Uzbekistan dapat menciptakan ekosistem pariwisata halal dan ekonomi kreatif yang lebih kuat yang menguntungkan kedua negara sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Islam secara global.
Pada acara Halal Beyond Borders 2023 di Uzbekistan - Tashkent, Nibras hadir memamerkan karya terbaik dan mengawali diskusi mengenai “From Tradition to Innovation: Exploring the Potential of Halal Creative Industries” yang dibawakan oleh Bapak Djoni selaku Direktur Produksi NBRS Corp.
Bapak Djoni menerangkan NBRS Corp sebagai Fashion Muslim Icon Brand di Indonesia dengan berbagai pencapaian yang diraih. Seperti baru-baru ini menggapai prestasi “Indonesia WOW Brand 2023”.
Beliau juga menjelaskan insight terkait down-streaming strategy yang hingga kini telah mencapai 110 Nibras DIstributor Partner, 610 Nibras House serta 2.009 Nibras Partner dan Nibras Corner di seluruh Indonesia.
Tidak sampai di situ, NBRS Corp akan terus mengekspansi karya-karya terbaiknya dengan konsep “Embracing Tradition & Innovation” hingga jenjang internasional, salah satunya adalah Uzbekisstan pada Halal Beyond Borders 2023 ini.
Busana khas Uzbekistan dengan paduan busana muslim NBRS Corp yang inovatif harapannya dapat menjalar di pasar Uzbekistan.
Ekspansi ini menunjukkan visi dan ambisi NBRS Corp untuk menjadi pemain global dalam industri fashion Muslim, dan menciptakan peluang-peluang lainnya di panggung internasional.
Demografi wisata halal dan pasar fashion muslim global menawarkan peluang besar bagi Indonesia. Uzbekistan, dengan populasi muslim sebesar 87%, memiliki potensi wisata halal yang tinggi.
NBRS Corp, sebagai ikon Fashion Muslim di Indonesia, memiliki potensi besar masuk pasar Uzbeksistan. Ekspansi ini mencerminkan ambisi mereka untuk menjadi pemain global dalam industri fashion muslim dan membawa merek Indonesia ke panggung internasional.
Lihat koleksi Nibras selengkapnya atau artikel terkait produk dan lifestyle lainnya.
Baca juga
Penulis: Anatashia Nuraini S.