NBRS Corp - Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 resmi dibuka, Kamis (20/10) lalu. Acara yang terselenggara mulai pada 20 -22 Oktober 2022 ini juga bersamaan dengan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 ke-37 yang menghadirkan trade show, business matchmaking, talkshow dan fashion show karya para perancang mode Indonesia.
Mengusung tema From Local Wisdom to Global Inspiration, pekan fashion terbesar di Indonesia itu langsung dibuka dengan koleksi busana dari Wastra Nusantara. Mulai batik hingga tenun dari berbagai daerah di Indonesia.
JMFW 2023 hadir sebagai muara perkembangan terkini industri fesyen muslim Indonesia. Pada ajang ini, NBRS yang merupakan brand fashion muslim ternama di Indonesia pun turut serta tampil dengan memamerkan koleksi eksklusifnya.
NBRS Corp mengangkat tema Raya dalam keikutsertaannya pada tahun ini. Menampilkan tenun dari Lombok dan Sumba, ‘Raya’ ditampilkan dengan visualisasi kemegahan dan kemeriahan yang tertuang pada setiap detail desainnya.
Tema Raya diangkat berdasarkan filosofi yang merupakan bentuk syukur, semangat, serta selebrasi setelah berangsur-angsur terlepas dari situasi pandemi yang membatasi semua orang. Koleksi ‘Raya’ menjadi salah satu bentuk apresiasi karena telah bertahan dan melakukan banyak perubahan.
Sentuhan desainer handal Temmi Wahyuni pada koleksi kali ini diwujudkan dengan kehadiran material kain wastra nusantara yang dipadu padankan dengan berbagai material kain lainnya.
‘Raya’ mengusung konsep sustainable fashion yang menggunakan prinsip zero waste fashion dengan memaksimalkan penggunaan dan meminimalkan limbah kain. Material kain yang diusung pada desain kali ini semakin mendukung kesan elegan dan feminin. Tidak hanya itu, aksen bordir dengan motif tradisional yang ditampilkan juga menambah kesan elegan dan mewah.
Hadir juga Dr. Oki Setiana Dewi yang merupakan Brand Ambassador Nbrs corporation, beliau menyampaikan bahwa sangat senang dan bahagia melihat baju yang terbuat dari kain-kain daerah, dan tentunya terekspos baik secara nasional dan internasional.
Menurut Ikhsan selaku Direktur Marketing NBRS Corp, ini merupakan bentuk cinta dan support NBRS Corp terhadap bahan kain-kain lokal, untuk di ekspose ke publik bahwa Indonesia ini sangat kaya dengan beragam kain-kain yang sangat indah dan tentunya punya corak unik. Selain itu ini merupakan bagian kecil support NBRS Corp untuk agenda besar Indonesia menjadi kiblat busana muslim dunia.
Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan mengatakan penyelenggaraan JMFW 2023 merupakan salah satu implementasi dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai kiblat muslim dunia.
Ia mengatakan, potensi pasar muslim dan modest fesyen sangat besar. Setidaknya ada dua hal yang membuat pemerintah Indonesia yakin bisa berkiprah lebih besar lagi. Pertama, jumlah populasi muslim dunia setara 25 persen total populasi dunia. Kedua, daya beli produk modest fesyen meningkat 6,1 persen dalam empat tahun terakhir dan akan terus meningkat.
JMFW 2023 menampilkan 144 desainer, dengan 1.000 koleksi dipamerkan. Zulkifli menambahkan, JFMW akan mendorong Perkembangan modest fesyen transaksi bisnis, dengan pihaknya mencatat sudah ada konfirmasi buyer antara lain dari Prancis, Malaysia, Arab Saudi, Meksiko, Mesir, Spanyol, Vietnam, Nigeria yang hadir di JFMW 2023 ini dan menjalin kontrak bisnis dengan brand.
"Penyelenggaraan JMFW mendorong fesyen muslim untuk menembus pasar dunia. Kami optimis dengan potensi kearifan lokal dan budaya serta SDM yang dimiliki Indonesia tak hanya menginspirasi dunia tapi juga dapat menguasai pasar global," katanya.
Baca juga artikel Bisnis dan artikel NBRS Corp atau tulisan Anisa Wakidah lainnya.
Penulis : Anisa Wakidah