NBRS Corp

21 Tips Membuat Iklan yang Menjual

29 November 2021   |   Anisa Wakidah

NBRSCopr- Menggaet Pelanggan dengan Copywriting yang Menarik, Emangnya Bisa?

Eits, jangan salah, dilansir dari laman Demand Metric, penggunaan content marketing yang didalamnya termasuk membuat suatu teks copywriting dapat memangkas biaya pemasaran setidaknya sebanyak 62%, loh. Lebih dari itu, Anda juga dapat menghasilkan leads yang lebih banyak dengan copywriting yang baik.

Seperti yang telah diketahui bersama, copywriting merupakan seni memasarkan produk dengan menggunakan suatu teknik menulis yang ditujukan untuk memikat pelanggan pada produk kita. Maka dari itu, copywriting erat kaitannya dengan dunia pemasaran.

Tips ini dikutip dari materi yang disampaikan Rizky Nur Zamzamy dalam kelas Meet The Guru yang diselenggarakan oleh NBRS Corp. Dilaksanakan secara daring, Om Jimmy membagikan 38 Tips Simple Menulis Iklan yang Menjual. 

21 Tips Copywriting yang Menjual

Berikut 21 tips copywriting yang menjual versi Rizky Nur Zamzamy

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan seorang copywriter adalah, jangan mengulang apa yang sudah divisualisasikan di gambar. Maksudnya, apabila informasi telah tersedia digambar maka sebaiknya tuliskan hal-hal lain untuk melengkapi gambar bukan mengulangi. 

  2. Apabila visualisasi pada gambar telah memberikan informasi dengan skala 1 sampai 7, maka copywriter perlu menuliskan hal yang lebih yakni, poin 8 sampai 10. Maksudnya, copywriting dibuat untuk meneruskan dan melengkapi informasi pada gambar. 

Tentu saja, hal ini juga kembali berkait dengan poin pertama yakni usahakan tidak mengulang informasi yang ada digambar. Dalam hal ini diperlukan inovasi dan kreativitas copywriter untuk melengkapi informasi yang telah ada di gambar.

  1. Selanjutnya, pada poin ketiga masih memiliki keterkaitan antara gambar dengan kata-kata. Poin ini menyorot apabila suatu gambar telah berbicara tentang produk, maka teknik copywriting yang diperlukan adalah menuliskan teks yang ditujukan untuk berinteraksi dengan konsumen. 

Tulisan ini dimaksudkan untuk mengacu ke pembaca, baik itu menyasar pada ranah emosi maupun perasaan konsumen. Nah, kejelian copywriter dalam menemukan celah emosi dan perasaan pembaca inilah yang diperlukan untuk menghasilkan hasil teks yang tepat sasaran dan sarat akan pesan yang akan disampaikan.

  1. Dalam publikasinya, teks iklan juga perlu disunting ya Sahabat. Sama seperti teks publikasi lainnya, unsur editing itu penting. Jadi, sebelum diterbitkan usahakan kalimat yang dibuat sudah disusun secara efektif, sehingga menghasilkan kalimat yang lugas dan jelas serta tepat sasaran. 

Eist… dalam mengedit juga ada ilmunya loh. Kegiatan editing yang baik adalah kegiatan yang tidak mengurangi kualitas konten. Artinya dalam editing, esensi yang ditekankan adalah kualitasnya. Untuk itu, jangan terlalu terpaku dengan kepadatan teks ya. Isi dan kualitas teks juga harus dijadikan perhatian penting.

  1. Gunakan kata dasar. Secara teknis, dalam teks untuk pemasaran kata dasar cenderung lebih kuat daripada kata berimbuhan. Misalnya, xxxxx

  2. Selanjutnya, Anda dapat menuliskan sesuatu yang baru untuk konsumen, artinya informasi penting yang konsumen tidak ketahui. Teks ini menjadi penting karena tulisan ini bisa menjadi pemantik rasa penasaran bagi konsumen.

  3. Muatan berita juga dapat membuat iklan lebih banyak dibaca. Hal ini juga berkaitan dengan poin ke-6, kedua poin ini memiliki sifat mengedukasi pembaca.

    Baca lanjutan dari 21 Tips Membuat Iklan yang Menjual sesi 2 pada link ini. 

    Baca juga artikel Tips & Trik dan artikel berita lainnya dari NBRS Corp.

Komentar (0)
Untuk berkomentar, harap Masuk atau Registrasi terlebih dahulu